Luak Gadang Kamang Magek, Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Agam Ramai Pengunjung

Covesia.com – Kabupaten Agam sudah dikatakan lengkap untuk menjadi daerah tujuan destinasi pariwisata, semua yang diinginkan para wisatawan sudah ada disini. Mulai dari pantai, laut, danau, sungai, hutan, air terjun, goa, gunung dan lainnya. Satu persatu potensi alam yang dimiliki kabupaten Agam mulai di munculkan kepermukaan, salah satunya Luak Gadang.

Objek Wisata Luak Gadang terletak di Jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar), jika anda dari Bukittinggi bisa masuk dari Simpang Tanjung Alam, kecamatan IV Angkek menuju Kamang Ilia, setelah memasuki Simpang Pintu Koto yang ditandai dengan Tugu Perang Kamang di Magek, ambil rute kanan menuju Salo.

Jika ragu pengunjung bisa bertanya kepada masyarakat yang ditemui di daerah setempat, mereka akan menunjukkan dimana lokasi pastinya Luak Gadang.

Di lokasi, para pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk maupun parkir, hanya disediakan satu buah kotak derma jika ada pengunjung yang ingin memberikan sumbangan.

Destinasi wisata alam yang sedang viral di media sosial 2 bulan bulan terakhir itu menyajikan 2 buah kolam besar yang di beri nama Luak Gadang, dengan berbagai keindahaan alam di sekelilingnya, seperti bukit baka, puncak bukit batu dengan view Kota Bukittingi, serta  Goa Luak Gadang.

Wali nagari Kamang Ilia, Qudri mengatakan, potensi wisata alam ini baru dikembangkan semenjak akhir tahun 2017 yang lalu yang dikelola oleh masyarakat setempat.

“Masyarakat bergotong-royong membangun dan membersihkan tempat itu, serta membuat tempat bersantai,“ ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Sabtu (21/4/2018).

Diakuinya, meskipun baru dibuka, tempat itu cukup diminati pengunjung, apalagi saat libur dan akhir pekan, para wisatawan dalam maupun luar daerah berdatangan baik muda mudi maupun membawa keluarga.

“Saat ini untuk Goa Luak Gadang belum kita buka untuk umum , karena konon cerita masyarakat setempat, didalam goa masih tersimpan amunisi peninggalan perang kemerdekaan, sehingga takut membahayakan keselamatan pengunjung,” lanjut Qudri.

Pihaknya akan terus mengembangkan lokasi wisata luak gadang dengan membuat beberapa wahana permainan seperti Flyng fox, tempat bermain anak dan lainnya. (han)

Sumber : covesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *