Pendidikan Formal

Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dan harus mendapatkan perhatian dari semua pihak, keberhasilan dunia pendidikan bukan saja ditentukan oleh Pemerintah dan guru saja, masyarakat juga mempunyai peran yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan, aktifitas penyelenggaraan pendidikan di Nagari Kamang Hilia ada terdiri dari :

1. Pendidikan Umum

Pendidikan umum yang ada di Nagari Kamang Hilia yaitu TK, SD, dan SLTA, keberadaan sekolah tersebut sudah banyak memberikan konstribusi terhadap peningkatan Sumberdaya Manusia penduduk Nagari Kamang Hilia untuk memberikan kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang, untuk lebih jelasnya potensi yang dimiliki dibidang pendidikan di Nagari Kamang Hilia dapat  dilihat sebagai berikut :

  • Taman Kanak – Kanak

Pendidikan TK merupakan pendidikan persiapan yang dilakukan setiap anak sebelum memasuki sekolah dasar, dengan berkembangnya dunia pendidikan saat ini yang mengacu kepada KTSP (kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dan diiringi peningkatan perekonomian masyarakat keberadaan TK sangat diperlukan, hal ini dapat dilihat bahwa kualitas murid-murid SD yang mempunyai Basis pendidikan TK akan berbeda tingkat kemampuanya dengan murid SD yang tidak memiliki latar belakang pendidikan TK, dilihat dari pengamatan di lapangan mutu pendidikan dan fasilitas yang dimiliki TK di Nagari Kamang Hilia belum memadai, karena di Nagari Kamang Hilia hanya terdapat 2 buah TK.

Tabel. 1

Data sekolah Taman Kanak-Kanak di Nagari Kamang Hilia

No Nama Sekolah Jorong Jlh Guru (orang) Jlh Murid (orang) Rasio Guru dan Murid
1 Mekar Dangau Baru 3 25 8 : 1
2 Aisyiah IV Kampuang 4 42 10 : 1

Sumber : Hasil Pengolahan data oleh Tim Pendataan Nagari Tahun  2017

Tabel. 2

Sarana dan Prasarana TK di Nagari Kamang Hilia tahun 2017

No Nama Sekolah Lokasi/

Jorong

Sarana dan Prasarana
Gedung Jumlah Ruang Tempat Bermain Alat Bermain Trasportasi/Antar Jemput
1 Mekar Dangau Baru Ada

(pinjaman)

2 ada

 

ada

(belum lengkap)

Tidak ada
2 Aisyiah IV Kampuang Ada 1 ada

 

ada

(belum lengkap)

Tidak ada

Sumber : Hasil Pengolahan data olehTim Pendataan Nagari 2017

Menurut tabel di atas bahwa jumlah guru, murid , sarana dan prasarana yang dimiliki masih jauh dari harapan, untuk pengembangan TK dimasa yang akan datang perlu pembenahan secara bertahap dan menyeluruh.

  • Pendidikan Dasar, Sekolah Dasar (SD)

Pendidikan dasar adalah merupakan dasar dari semua kegiatan proses belajar dan mengajar mulai dari pengembangan ilmu, pembentukan karakter dan mental serta pengenalan lingkungan dan kreatifitas anak agar bisa berkembang dan siap melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, Sekolah pendidikan dasar yang ada di nagari Kamang Hilia terdapat 5 sekolah dasar yang dapat menampung anak sebanyak lebih kurang 545 orang.

Tabel . 3

Data Sekolah Dasar di Kanagarian Kamang Hilia Tahun Ajaran 2016/2017

No Nama Sekolah Jlh Guru (orang) Jlh Murid (Orang) Rasio Guru

dan Murid

Ket
1 SDN 01 Tangah 14 213 1 : 16  
2 SDN 06 Kamang Sari 10 93 1 : 10  
3 SDN 09 Hilia Lamo 9 89 1 : 11  
4 SDN 17 Cegek 9 106 1 : 13  
5 SDN 20 Tarok 8 44 1 : 5  

Sumber : Hasil Pengolahan data olehTim Pendataan Nagari 2017

Dari tabel diatas terlihat bahwa rasio perbandingan guru dan murid rata-rata belum mencukupi betul yang mana sesuai dengan standar nasional pendidikan tentang rasio guru dan murid yaitu 1 : 30 (1 orang guru 30 murid) namun kecukupan rasio belum menjamin keberhasilan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan akan tetapi ditentukan beberapa faktor diantaranya yaitu :

  1. Kelengkapan sarana dan prasarana penunjang seperti lapangan olahraga dan ruangan Komputer.
  2. Peran masyarakat dan Pemerintahan Nagari memberikan dukungan kepada pihak sekolah
  3. Perlu kesamaan pandangan antara pihak sekolah, komite sehingga dapat memotifasi siswa untuk belajar secara baik sesuai dengan penerapan KTSP.
  4. Pengelolaan dan pengorganisasian sekolah dalam bentuk manajemen yang baik, serta menyusun rencana strategis sekolah bersama komite.
  • Sekolah Lanjutan Menengah Pertama (SLTP)

Di Nagari Kamang Hilia belum terdapat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), di keranakan sekolah tersebut terdapat di Kecamatan Kamang Magek yaitu terletak di Nagari Magek dan separo dari  para pelajar di SLTP 1 Kamang Magek berasal dari Nagari Kamang Hilia.

  • Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN)

Di Nagari Kamang Hilia terdapat Madrasah Tsanawiyah (MTsN) yang berada di Jorong IV Kampuang dengan jumlah murid 301 orang terdiri dari 20 kelas dengan jumlah guru 34 orang, keberadaan MTsN ini memberikan konstribusi untuk menampung anak-anak tamatan SD di jorong-jorong untuk melanjutkan ke sekolah menengah dengan kurikulum berbasis Agama dari depag.

  • Sekolah Lanjutan Menengah Atas (SLTA)

Di Nagari Kamang Hilia terdapat satu buah SLTA yaitu SMA Negeri 1 Kamang Magek yang berlokasi di Jorong Pintu Koto dan merupakan satu-satunya sekolah SLTA yang ada di Nagari Kamang Hilia bahkan Kecamatan Kamang Magek, sekolah tersebut berdiri sejak tahun 2000. Kondisi SMA Negeri I Kamang Magek saat ini tercatat dengan jumlah kelas sebanyak 9 lokal yang dapat menampung murid sebanyak 247 orang dengan jumlah guru 32 orang dan pegawai tata usaha 4 orang dengan jumlah lulusan 74 orang dengan predikat lulus 94 % sampai dengan 100 %. yang diterima di perguruan tinggi orang 40 % dari jumlah lulusan, dengan prestasi di tahun 2010 peringkat 3 ditingkat Kabupaten pada jurusan IPA dan peringkat 6 pada Jurusan IPS.

Luas sekolah SMA 1 Kamang Magek 1.550 m2 dan yang dipakai untuk bangunan sekolah 1.000 m2 dan masih tersisa 550 m2 dari sisa luas tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penataan lingkungan dan perkebunan serta sarana olah raga.

Melihat dari kondisi diatas serta sarana dan prasarana, luas lahan dan tata letak yang kondusif, SMA N 1 Kamang Magek ini dapat dikembangkan yang tidak terlepas dari kualitas guru serta partisipasi orang tua menuju sebuah sekolah unggulan.

2.Pendidikan Agama

Nagari Kamang Hilia yang berpenduduk 100 % memeluk Agama Islam sesuai dengan Perda no.05  tahun 2005  setiap anak yang melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi harus bisa membaca Alqur’an apalagi dengan perkembangan zaman dengan mudahnya masuk pengaruh dari luar yang dapat  bisa merusak sendi-sendi nilai agama, maka untuk menyikapi dan mengantisipasi di Nagari Kamang Hilia berkembang sekolah agama mulai dari MDA/TPQ.

  • Pendidikan MDA/TPQ

Sekolah MDA/TPQ merupakan pendidikan agama yang diberikan kepada setiap anak di Nagari Kamang Hilia rata-rata yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) untuk memberikan bekal Agama Islam kepada anak sejak dini dalam rangka mengenal dan memahami kaidah-kaidah agama untuk mewujudkan siswa/i yang bisa tulis baca Al-Qur’an yang benar dalam melaksanakan ibadah dan berakhlak mulia.

Tabel . 4

Data MDA/TPQ di Kanagarian Kamang Hilia Tahun Ajaran 2016/2017

No Nama MDA/TPA Jumlah Guru Jumlah Murid Rasio Guru Dan Murid
1 MDA Syuhada 2 28 1 : 14
2 MDA Zulfa 7 95 1 : 14
3 MDA Nurul Yaqin 1 18 1 : 18
4 MDA Ridha 1 22 1 : 22
5 MDA Istiqlal 3 18 1 : 6
6 TPA Khazatul ‘Ulum 1 19 1 : 19
7 MDA Syuhada’ 2 17 1 : 9
8 MDA Sovia 2 27 1 : 13
9 MDA Nurul Ikhsan 1 30 1 : 15
10 MDA Miftahul Ulum 1 27 1 : 27
11 TPA Al Falah 1 23 1 : 23
12 TPA Hilia Lamo 1 15 1 : 15
14 MDA Muhammadiyah 5 29 1 : 6
JUMLAH 28 361 1 : 13

   Sumber : Hasil Pengolahan data olehTim Pendataan Nagari 2017

Dilihat dari tabel di atas bahwa rasio perbandingan guru dengan murid bervariasi antara 1 : 6 dan 1 : 27 hal ini terjadi karena tidak meratanya pengelolaan MDA/TPA di Nagari Kamang Hilia yang juga berpengaruh terhadap kualitas lulusan MDA dan yang menjadi kendala yaitu kurangnya sarana dan prasarana serta rendahnya honor guru dan berpengaruh besar terhadap peningkatan mutu MDA.  Adapun status kepemilikan tempat belajar anak-anak MDA/TPA adalah rata-rata milik masyarakat.